Arti Hujan

Sehari, seminggu, setahun setelah kamu pergi
Aku baik-baik saja
Dua tahun tanpa kabar tentangmu
Aku masih baik-baik saja
Ratusan hari tanpa melihatmu
Tanpa tahu apa yang kamu lakukan
Tanpa mendengar suaramu
Aku berusaha baik-baik saja


Tapi hari ini
Ketika semua jauh lebih baik tanpa kenangan tentangmu
Sungguh lebih baik tanpa mengingatmu
Kamu hadir
Begitu tiba-tiba


Bertahun-tahun aku menyiapkan diri
Berbagai cara kulakukan untuk mengetahui keberadaanmu
Bahwa kamu masih hidup dan bernafas
Dan tersenyum dan bahagia

Hanya saja ketika kenyataan itu datang begitu saja
Aku sungguh tidak siap
Aku tidak baik-baik saja
Aku menangis, lagi
Sama seperti dua tahun yang lalu saat aku tahu telah kehilanganmu

Hanya karena kamu
Oleh karena kamu
Aku tahu
Hujan tak lagi indah
Hujan yang sejak dulu telah khianat
Kini hanya rintik yang jatuh dengan berisik

Dialah Allah Yang mengirimkan angin yang menggerakkan awan; lalu Ia membentangkannya di langit sesuai dengan kehendak-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu kau lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka bila Ia menurunkannya kepada siapa saja dari hamba-hamba-Nya yang Ia kehendaki, mereka pun bergembira ria. (Surat ar-Ruum, 48)

Komentar

Postingan Populer