Mencari Dunia

Terkadang kita merasaberada di dunia yang salah atau berada di tempat yang salah. kehidupan menjadi begitu berat untuk dijalani. perkelahian, salah-paham, peperangan. apa yang sebenarnya telah diisyaratkan?, perdamaian?. dengan perangkah maka akan tercapai?.

Banyak jiwa yang berontak saat diperintahkan untuk membunuh, mengakhiri kehidupan ribuan orang yang bahkan dia sendiri tak tahu apa kesalahan mereka sehingga harus dilenyapkan dan dianggap berbahaya. Yang mereka tahu, pada akhirnya hanyalah 'hidup atau mati', 'membunuh atau dibunuh'.

Ribuan anak dalam sekejap kehilangan orang tuanya, dipaksa menjadi yatim-piatu, bahkan mereka harus rela kehilangan masa depan hanya karena sebuah ideologi yang dipaksakan dan harus diwujudkan meskipun dengan peperangan. Ideologi 'gila' yang menjanjikan perdamaian, kemerdekaan.

Waktu-waktu sunyi yang senantiasa dianugerahkan, memberi arti penting. kita telah dikhianati, dibiarkan dalam ruang kehampaan, tanpa tujuan plus keyakinan hingga nanti mati. Tidakkan kita seharusnya mencari kemerdekaan kita sendiri, tanpa menunggu terluka dan direbut lebih banyak lagi. Bukankah seharusnya kita memperjuangkan dunia yang akan kita tinggali, dimana hak hidup tak perlu dipertanyakan lagi?

Komentar

Postingan Populer